My Corner (Happy Think, Happy Life)

My Dreamy Vacation : Braga In Memories

Siang itu, cuaca begitu terik hingga membuat aku yang sedang berjalan merasa kelelahan. Hari ini aku ada janji dengan suamiku untuk nonton film di bioskop Cinema XXI Braga yang ada di Braga City Walk.

Braga City Walk merupakan suatu kawasan tempat hang out favorit di Bandung, tepatnya di Jl. Braga Bandung. Braga City Walk ini merupakan mixed use development maksudnya adalah gabuangan dari Shopping Mall Bandung, Condominimum dan Bandung Hotel.

Ternyata suamiku belum datang. Aku berangkat duluan ke sini karena suamiku akan menyusul setelah pekerjaannya selesai.

Sepanjang Jalan Braga ini.. masih penuh dengan arsitektur peninggalan Jaman Hindia Belanda.

Vogel Pool (sebuah bar pada zaman Hindia Belanda, tahun 1937) berlokasi di Bragaweeg (sekarang jalan Braga), kawasan bergengsi yang dikenal sebagai “De Meest Europeesche Winkelstraat Van Indie” (kompleks pertokoan bergaya Eropa, terkemuka di Hindia Belanda). Istilah yang tidak berlebihan, karena selain bangunan-bangunan tokonya meniru persis arsitektur toko di Eropa, juga disini jual barang-barang impor, mulai dari arloji buatan Swiss, gaun-gaun dari kota Paris, sampai agen-agen penjualan mobil-mobil mewah (Tragedi Gadis Parijs Van Java :  2)

Menurut “Kuncen Bandung” almarhum Haryoto Kunto, kata Braga berasal dari bahasa Sunda “Ngabaraga” yang artinya bergaya, nampang, atau mejeng. Braga waktu itu memang menjadi the place to see and to be seen. Ruas jalan yang tak terlalu panjang itu, tempo doeloe, menjadi tempat rendezvous sambil jalan-jalan dan belanja. Sebab kala itu di kota Bandung, Jalan Bragalah satu-satunya tempat shopping paling bergengsi.

ini salah satu sudut toko di jalan braga yang saya suka.. Ini bangunan kuno yg terletak di sudut antara jalan braga dengan jalan veteran. Sumber : bandungsae.com

ini salah satu sudut toko di jalan braga yang saya suka.. Ini bangunan kuno yg terletak di sudut antara jalan braga dengan jalan veteran.
Sumber : bandungsae.com

Padagang lukisan di sepanjang jalan Braga Sumber : wikipedia.org

Padagang lukisan di sepanjang jalan Braga
Sumber : wikipedia.org

Jalan Braga  Sumber gambar : sudahtaukahandahariini.wordpress.com

Jalan Braga
Sumber gambar : sudahtaukahandahariini.wordpress.com

Dari peninggalan-peninggalan sejarah yang masih ada, kita bisa tahu bahwa di jalan Braga pernah dibangun gedung-gedung berarsitektur art deco, seperti gedung Bank Dennis, gedung toko Onderling Belang, di sebrang jalan gedung bioskop Majestic, dan viaduct; karena lalu lintas dari Landraadweg (mungkin sekarang jalan Pengadilan?) selalu dipenuhi delman (kretek) yang menanti kereta api lewat dari Setasion Bandoeng atau kereta api dari arah timur. Kemudian viaduct itu menghubungkan jalan Parapatan Pompa (sekarang jalan Suniaraja) dengan jalan Braga. Dulu jalan di jalan Braga ini buntu, namanya Gang Effendi. Lalu jalan di samping penjara Banceuy, yang sebelumnya adalah jalan kampung, dibikin tembus sampai ke jalan Braga di jalan Naripan. (Sumber Info  disini)

“Mang Ihok tahu gak, tempat yang kita sedang nikmati ini adalah bagian dari proyek Niewe Wijk (hunian baru), sebagaimana yang dibanggakan oleh para perintis pembangunan kota Banoeng. Pembangunan Bandoeng seperti yang dikatakan Tuan Van Kerkoven, sudah dirintis sejak tahun 1898, selanjutnya dirancang ke arah kota modern, yang dimulai tahun 1918 dengan sebutan proyek Niewe Wijk itu. Lama-lama Bandoeng tumbuh menjadi kota mirip kota di Eropa, seperti kota Paris, maka itulah timbul pujian dari orang-orang Belanda sendiri yang membanggakan hasil keringatnya, Bandoeg Paris Van Java (Mirip kota Paris di Prancis, atau Parisnya Jawa). Kota ini dibangun memang denagn selera Eropa, para penghuninya orang-orang Belanda dan Eropa yang kebanyakan bercokol di Bandoeng bagian utara, bergaya hidup, makan, minum dan bersenng-senang, dan bekerja di gedung-gedung bernuansa Eropa. Karena itu orang-orang Belanda mengatakan Bandoeng is het  paradijs der aardsche schoonen, Daarom is het goed  daarte wone (Bandoeng adaalh surga permai di atas dunia. Itulah sebabnya baik untuk bermukim disana). Bangsa Belanda hidup dengan segala kemewahannya di Bandoeng ini, samapi-sampai mereka menyebutnya “Surga kaum kulit putih di pulau Jawa” Belum lagi keindahan park dan plain (lapangan datar dan berumput) memang, menunjang untuk digelari surga di dunia,” Lanjut Djadja. (Tragedi Gadis Parijs Van Java :  96-97)

Ah.. ternyata suamiku belum datang juga. Aku pun menunggu suamiku disini, di salah satu food court yang ada di dalam Braga City Walk. Semangkok es shanghay dingin rasanya cukup untuk menghilangkan dahagaku ini.

 Food Court di Braga City Walk, Tempat Hangout asyik di Jalan braga Bandung Sumber  Gambar :  wiraprasetya.wordpress.com

Food Court di Braga City Walk, Tempat Hangout asyik di Jalan braga Bandung
Sumber Gambar :
wiraprasetya.wordpress.com

***

Angin semilir berhembus dan cuaca cerah memayungi kami yang sedang menikmati alam yang indah dari atas perahu. Ya, aku dan suamiku sedang menikmati alam di negeri sejuta kanal ini.

kanal Amsterdam  sumber Google

kanal Amsterdam
sumber Google

Amsterdam mulai membangun kanal-kanal yang terkenal di abad ke-17 selama masa keemasan Belanda. Tiga kanal utama, Herengracht, Prinsengracht, dan Keizersgracht membentuk sabuk konsentris di sekitar kota, yang dikenal sebagai Grachtengordel. (Sumber : disini)

Kanal yang sangat bersih sungguh berbeda jika harus dibandingkan dengan Indonesia.. Emmh…

Perjalanan selanjutnya adalah Leiden. Leiden adalah tempat kelahiran Rembrandt dan memiliki kanal-kanal yang indah. di Leiden terdapat universitas, Universitas Leiden. Universitas Leiden ini adalah  dikenal karena memiliki universitas tertua di Belanda.

Leiden University  Sumber Gambar :  en.wikipedia.org

Leiden University
Sumber Gambar :
en.wikipedia.org

Universitas Leiden ini menjadi tempat universitas impian suamiku. Dia ingin sekali melanjutkan sekolahnya di universitas Leiden. Karena kata suamiku, ia ingin mempelajari lebih jauh tentang sejarah Indonesia sejak zaman dulu. Dan universitas Leidenlah tempat yang tepat, karena disini sumber-sumber manuskrip itu masih tersimpan dengan rapi.

 “Kamu tahu Laura, Ijzermanpark (sekarang “Taman Ganesha” di depan kampus IT.B) adalah salah satu dari lima taman paling indah di Bandoeng, mungkin paling baik di seantero taman-taman yang ada di kota-kota besar di Hindia Belanda. Taman yang paling indah lainnya adalah Insulindepark (sekarang “Taman Lalu Lintas”) ,  lalu meyusul limburg Stirumpark (sekarang “Lapangan Begawan” di jalan Begawan), Houstmanplein (sekarang “Lapangan Ciujung” di jalan Supratman) dan Sabangplein (sekarang lapangan Sabang di jalan Sabang). Begitu banyaknya taman-taman yang ditata indah di kota ini, beritanya sampai ke Holland. Sampai wali kota Aple Doorn, sebuah kota kecil, merasa penasaran dan ingin menyaksikannya dengan matanya sendiri, bukan hanya sekear dari gambar di surat kabar dan majalah. Maka singkat cerita, seperti yang aku baca di majalah Mooi Bandoeng. Dr. W. Roosmale Nephev, demikian nama pak Wali Kota Aple Doorn itu, saking terpesonanya pada taman-taman yang meronai setiapp sudut jalan di Bandoeng, spontan menjuluki Bandoeng sebagai  “Tuinstad” (Kota kebun). (Tragedi Gadis Parijs Van Java :  91-92)

Zaman Hindia Belanda aja banyak banget taman yang telah dibangun. Jadi pastinya di Belanda akan ada taman yang indah banget. Apalagi bunga Tulip Belanda yang terkenal akan keindahannya. Bakalan rugi banget deh, kalo udah di Belanda gak lihat tulip-tulip dan bunga yang bermekaran.

Taman Bunga Keukenhof yang sangat Indah Sumber Gambar : http://t0urdunia.blogspot.com

Taman Bunga Keukenhof yang sangat Indah
Sumber Gambar : http://t0urdunia.blogspot.com

Belanda, menjadi negara Industri bunga yang cukup maju. Maka tak heran  di Belanda, ada dunia taman bunga terbesar. Kita bisa lihat bunga tulip di Taman Bunga Kuekenhof. Selain bunga Tulip, bunga yang lain pun ada disini diantaranya gondok, bakung dan bunga musim semi lainnya. Taman-taman ini terbuka dari minggu terakhir bulan Maret sampai pertengahan Mei. Taman Bunga Keunkenhof menjadi promosi untuk industri bunga di Belanda.

Dari taman Bunga ini kita lanjutkan perjalanan kita ke Taman Nasional Hoga Veluwe.  Taman Nasional Hoge Veluwe adalah salah satu cagar alam terbesar yang berkelanjutan di Belanda, yang terdiri dari padang rumput, bukit pasir, dan hutan. Museum Kröller-Müller memiliki koleksi besar lukisan karya Vincent van Gogh yang melukiskan tentang taman ini.

Taman Nasional Hoga Veluwe  Sumber Gambar : http://t0urdunia.blogspot.com/2013/06/daftar-10-tempat-wisata-di-belanda-yang.html

Taman Nasional Hoga Veluwe
Sumber Gambar : http://t0urdunia.blogspot.com/

Belanda negeri kincir.. katanya..katanya..

Keju Penghasilannya.. katanya..katanya..

Elisabeth ratunya..

(Penggalan lagu “Katanya”-trio kwek-kwek–)

Agh, rasanya belum ke Belanda kalo belum liat kincir angin langsung..

Belanda itu adalah negara paling aman menurut standar Internasional, dengan tingkat kejahatan dan kekerasan kriminal di jalan yang rendah.  Jangan ragu untuk berjalan-jaaln di kota di negara Belanda ini.  Karena banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati disini. Karena Belanda adalah negara kecil, gak usah naik mobil untuk megelilingi Belanda. transportasi umum akan membawa turisnya mengunjungi hampir ke seluruh kota yang ingin dituju. Jadi gak ada salahnya jika naik  kereta atau bus.

Walaupun kereta atau bus tidak murah harganya, namun megendarai mobil jauh lebih mahal. .

Tapi bila ingin biaya yang lebih murah, maka alangkah asyiknya menikmati pemandangan di kota di Belanda ini dengan naik sepeda.

Bersepeda kebiasaan orang Belanda. Alternatif moda tranpostasi yang murah di Belanda Sumber gambar:  www.iddaily.net

Bersepeda kebiasaan orang Belanda. Alternatif moda tranpostasi yang murah di Belanda
Sumber gambar:
http://www.iddaily.net

Dan Belanda pun seringkali disebut sebagai Surganya pesepeda

Sumber Gambar :  umihabibah.com

Sumber Gambar :
umihabibah.com

Keliling..keliling naik sepeda. Paling asyik datang ke Kepulauan Frisian di paling barat.

Kepulauan Barat Frisian atau Waddeneilanden dalam bahasa Belanda adalah rantai pulau di Laut Utara di lepas pantai Belanda. Pulau-pulau memisahkan Laut Utara dari Laut Wadden yang dangkal, dengan lumpurnya yang pasang surut. Tempat wisata di Belanda ini dapat Anda kunjungi dengan bantuan pengawasan pemandu yang berlisensi. Beberapa pulau di tempat ini dapat dicapai dengan berjalan di lumpur selama air laut surut. Di pulau-pulau ini, bersepeda adalah cara yang paling menguntungkan untuk  transportasi di pulau-pulau ini.
(Sumber info : Disini)

Sudah lelah jalan-jalan di negeri kincir angin , negeri sejuta kanal atau surganya para pesepeda. Jadi laper banget nih. Jadi mari kita cari makan dulu, supaya badan yang sudah lelah dan perut yang sudah menyanyi-nyanyi dari tadi ini terhentikan. Kita isi “Bensin” energi dulu yuk.

Oliebollen, makanan wajib di Belanda Sumber : kitabmasakan.com

Oliebollen, makanan wajib di Belanda
Sumber : kitabmasakan.com

Choterrano, cemilan khas Belanda Sumber gambar :  choterranno.blogspot.com

Choterrano, cemilan khas Belanda
Sumber gambar :
choterranno.blogspot.com

 

 

 

Eh, tapi suamiku gak terlalu suka makanan yang beginian. Banyak gulanya, atau yang banyak krimnya. Katanya bikin eneg. Ya, udin.. eh ya udah kita cari makanan khas kita aja yah. Nasi Goreng.

Ya, nasi goreng menjadi makanan tradisional Belanda yang berasal dari Indonesia (mungkin karena udah lama banget bangsa Belanda menjaajah Indonesia, jadi kepincut sama makanan  kita yang satu ini)

Desa restaurant Sumber Gambar :  (newsdetik.com)

Desa restaurant
Sumber Gambar :
(newsdetik.com)

Desa Authentik Indonesish Restaurant adalah restaurant yang dimilki oleh warga negara Indonesia yang sudah lama menetap di Belanda. Restaurant ini menjual berbagai jenis masakan Indonesia.

Di restoran “Desa Authentik Indonesish Restaurant” inilah kita dapat menikmati masakan-masakan seperti rendang, kredok, soto, telor dadar, ayam goreng dan berbagai masakan menu Indonesia lainnya.

Bila musim liburan restoran ini benar-benar ramai sekali, karena gak hanya orang Indonesia yang sedang tinggal disini atau pun turis Indonesia namun banyak juga warga lokal yang makan disini. Sehingga kita harus mengantri untuk dapat makan di restoran ini.

Ya, siapa tahu disini kita bisa ketemu “saudara” dari Indonesia juga. Jadi bisa pake Bahasa Indonesia. Atau kita bisa ketemu opa..opa atau oma..oma.. Belanda yang mungkin ngerti bahasa Indonesia atau bahasa Sunda atau kalo gak sambil makan sambil privat Bahasa Frislandia (Bahasa Resmi kedua di Belanda). Hehe 🙂

Rendang  Sumber Gambar :  duniawisata.master.web.id

Rendang
Sumber Gambar :
duniawisata.master.web.id

Mmmh..rasanya keliling-keliling udah, jalan-jalan udah, naik sepeda, makan juga udah. Sekarang yang terakhir adalah …. jreng..jreng…

Narsis dulu ah ditempat ini

iamsterdam  Sumber Gambar : (commons.wikimedia.org)


Sumber Gambar :
(commons.wikimedia.org)

Wow, Its Really My Dreamy Vacation.  Dan sangat menyenangkan .. 🙂

***

“Sayang, kamu gak-apa?

Tuba-tiba ada yang mengguncang-guncangkan tubuhku, dan menepuk-nepuk kedua pipiku..

“Sayang?”

Ah, ternyata aku masih disini. Di Foodcourt braga ciyi walk. Dan Es Shanghay  dihadapanku kini telah habis.

“Maaf yah, tadi urusanku belum selesai. Kamu udah nunggu lama dan kamu jadi melamun.”

“Oooh.. iya gak apa-apa..kok, A’. Tadi  gak ngelamun tapi  habis jalan-jalan.”

“Jalan-jalan? Kemana?” Suamiku tampak bingung dengan jawabanku.

“Habis dari Belanda.”

“Belanda?” ***


Tulisan ini diikut sertakan dalam Give Away “MyDreamyVacation”

GA dreamy vacation

Iklan

7 comments on “My Dreamy Vacation : Braga In Memories

  1. desinamora
    Maret 20, 2014

    waahhh tulisannya maknyuusss mak, aq juga pengen bgt ke belanda, semoga kesampean impiannya ya mak 🙂

  2. Sri Wahyuni
    Maret 20, 2014

    Berkunjung mak
    Berbahagialah orang yang mempunyai mimpi karena kelak ia akan mewujudkan mimpinya itu..
    Wow, mimpinya keren, aku juga pengen banget going abroad…
    Semoga terkabul ya mak mimpinya dan bukan hanya mimpi doang hehehe
    Sukses untuk GA nya
    Salam

  3. momtraveler
    Maret 21, 2014

    heheheh.. untung nggak ada aku disana, bisa kuabisin tuh es nya 😛
    makasih sudah ikutan GA #dreamyvacation mbak 🙂

  4. indah nuria Savitri
    Maret 23, 2014

    ini akibat kebanyakan ngelamun hehehehe….tapi melamunnya lucuuu….makasih sudah ikutan GAKu #MyDreamyVacation ya maaak…amiiiiin yang kenceng supaya doa kita terkabul…Bon courage..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Maret 19, 2014 by in Tulisan untuk Lomba Blog dan Give Away.

Award Kontest Blog

Warung Blogger

Kumpulan Emak-Emak Blogger

Komunitas Bunda Terampil Menulis

Visitors Flag

Flag Counter

Live Traffic Feed

Yang berkunjung Ke Blog Saya

  • 42,724 hits

PageRank My Blog

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: