My Corner (Happy Think, Happy Life)

Shaum Yang Bikin Nyaman

يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Al-baqarah ayat 183)
Temen-temen.. pasti pada shaum kan sekarang ? kenapa?
Ya pasti jawabannya adalah karena ada perintahnya di dalam Al-qur’an surat Al-baqarah ayat 183. Kan mau pada jadi orang yang bertaqwa..betul gak???
Tapi saat puasa  kadang suka terasa lemes tak bertenaga, kadang suka merasa haus atau lapar.
Aku: “Temen-temen pada sahur gak tadi sebelum niat puasa?”
Temen-temen : “Sahur kok..”
Yup, memang sahur itu lebih baik. Walaupun sahur itu hukumnya gak wajib melainkan sunnah.

Ketahuilah bahwa dalam makan sahur terdapat keberkahan, artinya kebaikan yang banyak dan tetap terus ada. Makan sahur adalah suatu hal yang disunnahkan dan dianjurkan untuk diakhirkan.

Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” ( Muttafaqun ‘alaih)

Beberapa faedah dari hadits di atas:

  1. Anjuran untuk makan sahur.
  2. Makan asalnya mubah (boleh). Namun jika makan seperti ini diniatkan untuk taqarrub (mendekatkan diri) pada Allah, maka bisa  berubah menjadi hal yang disunnahkan. Intinya, perkara mubah bisa berubah menjadi sunnah dengan niat seperti dalam makan sahur.
  3. Hadits ini menunjukkan dianjurkannya mengakhirkan makan sahur karena kata sahur dalam bahasa Arab dimaksudkan untuk akhir malam.
  4. Kata ‘sahuur‘ berbeda dengan kata ‘suhuur‘. Sahuur berarti makanan yang dimakan di waktu sahur. Sedangkan suhuur bermakna aktivitas makan sahur. Jadi yang satu berarti makanan dan yang lain berarti (aktivitas) makan.
  5. Yang dimaksud dengan barokah adalah bertambah dan tumbuh. Hadits ini menerangkan barokah itu ada pada makan sahur. Dan yang menetapkan barokah seperti ini adalah Allah. Sehingga barokah itu bukan datang dari benda itu sendiri, namun dianugerahkan oleh Allah.
(http://muslim.or.id)

Adapun Keberkahan dalam Makan Sahur

  1. Memenuhi perintah Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana diperintahkan dalam hadits di atas. Keutamaan mentaati beliau disebutkan dalam ayat,

    مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ

    Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.” (QS. An Nisaa’: 80).
    Allah Ta’ala juga berfirman,

    وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

    Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS. Al Ahzab: 71).

  2. Makan sahur merupakan syi’ar Islam yang membedakan dengana ajaran Ahli Kitab (Yahudi dan Nashrani). Dari ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    فَصْلُ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الْكِتَابِ أَكْلَةُ السَّحَرِ

    Perbedaan antara puasa kita dan puasa Ahli Kitab (Yahudi dan Nashrani) adalah makan sahur.” (HR. Muslim no. 1096). Ini berarti Islam mengajarkan baro’ dari orang kafir, artinya tidak loyal pada mereka. Karena puasa kita saja dibedakan dengan orang kafir.

  3. Dengan makan sahur, keadaan fisik lebih kuat dalam menjalani puasa. Beda halnya dengan orang yang tidak makan sahur. Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Barokah makan sahur amat jelas yaitu semakin menguatkan dan menambah semangat orang yang berpuasa.” (Syarh Shahih Muslim, 7: 206).
  4. Orang yang makan sahur mendapatkan shalawat dari Allah dan do’a dari para malaikat-Nya. Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    السُّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

    Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad 3: 44. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi).

  5. Waktu makan sahur adalah waktu yang diberkahi. Karena ketika itu, Allah turun ke langit dunia. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

    Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145  dan Muslim no. 758).

  6. Waktu sahur adalah waktu utama untuk beristighfar. Sebagaimana orang yang beristighfar saat itu dipuji oleh Allah dalam beberapa ayat,

    وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

    Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur.”  (QS. Ali Imran: 17).

    وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

    Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. ” (QS. Adz Dzariyat: 18).

  7. Orang yang makan sahur dijamin bisa menjawab adzan shalat Shubuh dan juga bisa mendapati shalat Shubuh di waktunya secara berjama’ah. Tentu ini adalah suatu kebaikan.
  8. Makan sahur sendiri bernilai ibadah jika diniatkan untuk semakin kuat dalam melakukan ketaatan pada Allah.

Intinya, makan sahur punya berbagai keberkahan. Itulah rahasia-rahasia yang mungkin sebagian kita tidak mengetahuinya. (http://muslim.or.id).

Naah ternyata di dalam sahur itu ada berkah dan fisik kita semakin kuat. Tetapi sebenarnya makanan apa aja sih yang gak bikin kita lemes.

Saya mau bagi-bagi tips nih..Liat yuk..Cekidot!!

Saat Sahur dan berbuka :

1. Makan-makanan yang banyak mengandung serat

2.Makan dan minum yang mengandung cukup vitamin dan gizi (susu, buah-buahan dll)

3. Jangan  makan berlebihan (selain perutnya kepenuhan, bikin ngantuk setelahnya)

4. Jangan minum minuman yang dingin ataupun yang panas..yang hangat saja ..

5. Supaya badan gak lemes, dan gak merasa haus. Saat Sahur coba deh minum air hangat di campur jahe dan gula merah. atau bisa juga air hangat di campur gula merah aja tanpa jahe.

6. Saat buka, sebaiknya berbukalah dengan yang manis-manis. Saran saya sih lebih baik dengan kurma 3 buah, ataupun minum air hangat di campur jahe dan gula merah.

7. Boleh di coba juga setelah makan buah kurma  atau yang manis-manis minumlah setengah gelas air kelapa muda sebelum makan-makanan berat. trus jeda dengan solat Magrib. Setelah itu makan nasi (bisa abis isya ataupun abis magrib) dan minum air kelapa lagi setengah gelasnya..

8. Jangan makan ataupun nyemil yang berlebihan setelah berbuka ataupun  setelah salat tarawih. Karena bisa bikin kita ngantuk pas solat tarawih ataupun kesiangan bangun sahur.

9. Sebelum tidur minum madu dicampur air segelas.. (Insya Alloh bangun tidur badan segar..)

 Naah jangan lupa juga ikutin pola makan rasulullah..
apa aja..???
  • Rasulullah menyarankan jangan makan buah setelah makan nasi. Sebaliknya makanlah buah terlebih dahulu, baru makan nasi.
  • Tidur 1 jam setelah makan tengah hari.
  • Jangan sesekali tinggal makan malam, barang siapa yang tinggal makan malam dia akan dimakan usia dan kolesterol dalam badan akan berganda.
  • Berikut ini daftar makanan yang dilarang dimakan bersamaan:
  1. Tidak makan SUSU bersama DAGING
  2. Tidak makan DAGING bersama IKAN
  3. TIdak makan IKAN bersama SUSU
  4. Tidak makan AYAM bersama SUSU
  5. Tidak makan IKAN bersama TELUR
  6. Tidak makan IKAN bersama DAUN SALAD
  7. Tidak makan SUSU bersama CUKA
  8. Tidak makan BUAH bersama SUSU

Dalam daging ayam mengandung ion+, sedangkan dalam ikan mengandung ion-, jika keduanya dikonsumsi bersamaan maka akan terjadi reaksi biokimia yang dapat merusak usus kita.

  • Mandi Pagi Sebelum Subuh, sekurang-kurangnya sejam sebelum matahati terbit. Kabarnya air sejuk yang meresap kedalam badan dapat mengurangi penimbunan lemak.  (Palagi kalo udah sahur..wuiihhh segernya..dijamin badan jadi seger dan ngantuk pun hilang..)

(http://cikopotrans.blogspot.com)

Nah tadi itu tips-tips dari saya semoga temen-temen nyaman berShaum..
Semoga Bermanfaat ya.. Happy Fasting..:)
Happy Ramadhan
                                                                                                         image : http://www.google.co.id
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 13, 2013 by in artikel.

Award Kontest Blog

Warung Blogger

Kumpulan Emak-Emak Blogger

Komunitas Bunda Terampil Menulis

Visitors Flag

Flag Counter

Live Traffic Feed

Yang berkunjung Ke Blog Saya

  • 41,175 hits

PageRank My Blog

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: