My Corner (Happy Think, Happy Life)

Rajanya Organ Tubuh

Organ tubuh  dalam adalah organ penting bagi keberlangsungan hidup seseorang. Karena satu sama lainnya saling berkaitan.  Semua organ di dalam tubuh sama pentingnya, tetapi ada satu organ yang merupakan rajanya organ. Bilamana organ tubuh ini terganggu atau rusak maka akan menyebabkan terganggunya organ tubuh yang lain dan yang paling parahnya menyebabkan kematian. Raja dari organ tubuh itu adalah LIMPA

limpaLimpa merupakan organ limfoid terbesar. Umumnya berukuran sebesar kepalan tangan dan terletak di bagian depan dan dekat punggung rongga perut di antara diafragma dan lambung . Secara anatomis, tepi limpa yang normal berbentuk pipih. Fungsi limpa yaitu mengakumulasi limfosit dan makrofaga, degradasi eritrosit, tempat cadangan darah, dan sebagai organ pertahanan terhadap infeksi partikel asing yang masuk ke dalam darah.

 

 

gambar: google.co.id

 

Limpa dibungkus oleh kapsula, yang terdiri atas dua lapisan, yaitu satu lapisan jaringan penyokong yang tebal dan satu lapisan otot halus. Perpanjangan kapsula ke dalam parenkim limpa disebut trabekula. Trabekula mengandung arteri, vena, saraf, dan pembuluh limfe . Parenkim limpa disebut pulpa yang terdiri atas pulpa merah dan pulpa putih . Pulpa merah berwarna merah gelap pada potongan limpa segar. Pulpa merah terdiri atas sinusoid limpa . Pulpa putih tersebar dalam pulpa merah, berbentuk oval dan berwarna putih kelabu. Pulpa putih terdiri atas pariarteriolar limphoid sheats (PALS), folikel limfoid, dan zona marginal. Folikel limfoid umumnya tersusun atas sel limfosit B, makrofaga, dan sel debri

http://id.wikipedia.org/wiki/Limpa

Limpa termasuk organ yang lembut dan berbentuk seperti spons yang melakukan beberapa fungsi kritis serta mudah mengalami kerusakan. Fungsi dari limpa ini sendiri adalah:

  1. Mengeluarkan dan menghancurkan sel darah yang sudah tua dan rusak.
  2. Memainkan peran yang penting dalam mencegah infeksi dengan menghasilkan sel-sel darah putih (limfosit) dan bertindak sebagai batas pertahanan pertama dalam melawan patogen yang menyerang.
  3. Menyimpan sel-sel darah merah dan trombosit, yaitu sel-sel yang membantu penggumpalan darah.
  4. Kemungkinan bertindak sebagai perantara antara sistem kekebalan tubuh dan otak.                                                                                 http://health.detik.com/read/2011/04/25/170237/1624955/763/gejala-yang-muncul-jika-limpa-membengkak

Melihat fungsi limpa diatas betapa sangat pentingnya limpa di dalam tubuh kita bukan?

Kita sering mendengar orang sakit jantung, liver, radang otak, lambung, ginjal sebenarnya adalah bukan hanya organ – organ tersebut yang bermasalah, tetapi juga pada dasarnya raja dari organ tersebut–limpa– yang terkena gangguan terlebih dahulu dan bermasalah. Jika anda mengalami gangguan pada keenam organ diatas, maka sebaiknya periksakan limpa anda juga. Dan bukan hanya keenam organ tersebut saja yang diobati tetapi juga adalah rajanya organ tersebut yang turut diobati juga.

Sebelum kita terkena penyakit, alangkah lebih baik untuk mencegahnya.

Cara yang bijak adalah pencegahan penyakitnya yaitu dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan teratur, pola istirahat yang teratur, pola pikir positif, dan gaya hidup yang sehat.

Banyak sekali makanan diluar sana yang bisa memicu kerusakan atau terjadinya limpa yang bermasalah di sebabkan oleh zat-zat yang terkandung di dalam makanan tersebut tidak higienis, mengandung bahan yang berbahaya, dan sudah tercemar oleh virus ataupun bakteri. Lebih baik memasak makanan sendiri di rumah dan meminimalisir  membeli makanan yang sudah siap saji ataupun instant.

Jadi Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Iklan

One comment on “Rajanya Organ Tubuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juni 1, 2013 by in artikel.

Award Kontest Blog

Warung Blogger

Kumpulan Emak-Emak Blogger

Komunitas Bunda Terampil Menulis

Visitors Flag

Flag Counter

Live Traffic Feed

Yang berkunjung Ke Blog Saya

  • 41,175 hits

PageRank My Blog

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: