My Corner (Happy Think, Happy Life)

Antibiotik Alami Lebih Aman

Tanaman tradisional yang sekarang sering disebut herbal ini ternyata ada juga yang bisa dijadikan antibiotik herbal. Menurut dr. Agus Rahmadi, Direktur Utama Klinik Sehat, antibiotik herbal lebih aman digunakan. Karena tidak menyebabkan bakteri kebal. Yang teramsuk antibiotik alami, antara lain Sambiloto, Habbatussauda (jinten hitam) dan Bawang Putih. Mari kita lihat apa saja sih manfaat ketiga tanaman tradisional ini.

SAMBILOTO

SAMBILOTO   Bagian tanaman Sambiloto yang biasa digunakan untuk obat herbal adalah daunnya. Daun Sambiloto rasanya     pahit sekali. Tanaman herbal ini berkhasiat sebagai antibiotik dan paling bagus dari tanaman herbal lainnya. Manfaat lainnya, sebagai antiradang, antibengkak, antihistamin untuk mengobati alergi, antiinfeksi, dan antidiabetes.

Bagi anda yang sering minum jamu dari penjual jamu gendong, sambiloto sering kita minum. Biasanya disebut jamu pahitan berwarna kehitaman. rasanya amboi pahitnya. Anda tak perlu khawatir akan rasanay yang pahit itu.  Sekarang, sambiloto sudah tersedia dalam bentuk kapsul yang lebih mudah anda minum tanpa merasakan pahitnya.

Sambiloto adalah tanamn semak yang mempunyai cabang yang berdaun. Tinggi tanaman ini bisa mencapai sekitar 90 cm. Daun sambiloto kecil-kecil berwarna hijau tua. Tanaman ini dapat berkembang biak sepanjang tahun.

HABBATUSSAUDAH (JINTEN HITAM)

habatussauda (jinten hitam) habatussauda  Habbatussaudah atau jinten hitam adalah antibiotik herbal yang berada di urutan kedua setelah sambiloto. Bahkan Rasulullah Sallahu ‘Alaihi Wassalam menegaskan betapa bermanfaatnya obat herbal ini. Dalam sebuah hadits dikatakan, ” Hendaklah kalian mengkonsumsi jintan hitam (Habbatussaudah) karena jintan hitam mengandung obat untuk segala jenis penyakit kecuali kematian.” (HR. Bukhari, Muslim)

Obat herbal ini juga dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jintan hitam dapat meningkatn energi tubuh dan membantu memulihkan kelelahan. Obat herbal ini kaya akan asam lemak tak jenuh ganda. Sehingga bermanfaat untuk membantu mengatur metabolisme tubuh, mengeluarkan racun, menyeimbangkan kadar insulin, mengatur kolesterol, meningkatkan sirkulasi tubuh, dan meningkatkan fungsi hati.

Khasiatnya terutama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. oleh karena itu jintan hitam sangat baik untuk mengobati asma, gangguan pernapan, kelelahan, gangguan ginjal dan hati, pencernaan, radang sendi, alergi, gangguan peredaran darah dan demam.

BAWANG PUTIH

bawang putih  Bawang Putih berada diurutan ketiga setelah sambiloto dan habbatussaudah, sebagai antibiotik alami. Menurut Jerry D. Gray Dalam bukunya berjudul ‘Rasulullah is My Doctor’, bawang putih adalah satu-satunya antibiotik yang daapt membunuh bakteri sekaligus melindungi tubuh dari racun yang menyebabkan infeksi. Bahkan bapak antibiotik, Louis Pasteur, mengakui bawang putih sama efektifnya dengan penisilin.

Jika diminum secara teratur, bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebaln tubuh. Sakit tenggorokan, batuk, flu dan hidung tersumbat cukup diobati dengan satu siung besar bawang putih yang dicincang, dicampur dengan segelas air hangat, lalu diminum. Ramuan ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Bumbu dapur yang paling sering digunakan untuk masak ini, telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Bawang putih bekerja meluruhkan tibumna plak lemak di dinding pembuluh darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Makan bawang putih mentah adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari bumbu dapur ini.

(Artikel dikutip dari majalah Aulia No. 12 Tahun IX Rajab 1433- Sya’ban 1433/Juni 2012)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Mei 22, 2013 by in Herbal Kesehatan and tagged .

Award Kontest Blog

Warung Blogger

Kumpulan Emak-Emak Blogger

Komunitas Bunda Terampil Menulis

Visitors Flag

Flag Counter

Live Traffic Feed

Yang berkunjung Ke Blog Saya

  • 39,597 hits

PageRank My Blog

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: